Selasa, 08 Desember 2009

Kampoeng Batik Jetis



Bak penari yang lincah menari-nari, jari-jari tangan sejumlah perempuan di kampung Jetis, Sidoarjo itu meliuk-liuk di atas sehelai kain putih.
Cairan malam yang meleleh dari ujung canting seketika itu juga menutupi arsiran serangkaian motif di atasnya. Sabar dan teliti. Puluhan, ratusan, bahkan ribuan kain putih yang semula tampak biasa itu berubah menjadi kain untuk busana dengan nilai seni yang tinggi. Kain batik tulis.

Aktivitas perbatikan di kota udang itu sebenarnya telah ada sejak 1675 silam. Keberlangsungannya yang masih tetap bertahan hingga sekarang bukannya mulus tanpa halangan. Industrialisasi, budaya instan seperti membuat batik cap, juga ikut andil menjadi alasan mengapa batik tulis di Jetis kurang diminati kaum muda-mudinya.
Permodalan yang besar seringkali membuat para pengrajin dan pengusaha batik tulis di Jetis gulung tikar.

"Kalau ada Bank atau tempat pinjaman uang dengan bunga yang sangat rendah, saya beserta istri berani untuk mulai membuat batik lagi," kata Ichyak Ulumuddin (37), warga Jetis, Lemah Putro, Kecamatan Sidoarjo.

Meski nama batik Jetis tak begitu populer jika dibandingkan batik Pekalongan, batik Jetis tetaplah batik Jetis. Corak warnanya yang mencolok akan menjadi ciri khas tersendiri bagi khasanah batik yang tumbuh kembang dan menjadi tradisi bagi masyarakat di Indonesia.








5 komentar:

  1. wah...aku baru tau. dan dirimu abru posting sekarang se???
    hehe..dia jual alat2 batik juga gak ya?
    jadi nek aku pengen mbatik beli alatnya ga perlu jauh2 ke Jogja. nek di Mirota harga pewarna bisa naik 4 kali lipat pek!!!! X(

    BalasHapus
  2. wah jadi pingin menikmati kampung batik ini....cak

    BalasHapus
  3. silahken kang, tapi musti pagi-pagi, yah..sekitar jam 9 an lah, soalnya aktivitas mbatiknya baru dimulai jam segitu

    BalasHapus
  4. mas., alamat kampung batik jetis it dimana ya???
    pengen ahh berkunjung.. hehehe

    BalasHapus
  5. web kampoeng batik jetis
    http://verylazy.net46.net/kampoengbatik/?menu=home

    BalasHapus